Minggu, 08 Oktober 2023

Kegagalan Presepsi Pada Iklan Shampoo Dove

Iklan dengan kegagalan presepsi merupakan iklan yang tidak berhasil menyampaikan pesan atau tujuannya dengan jelas kepada audiens atau khalayak-nya. Ini terjadi ketika audiens menginterpretasikan  iklan dengan cara yang tidak diinginkan, yang bisa mengakibatkan kebingungan, ketidakpuasan, atau bahkan ketidakberhasilan pada suatu iklan tersebut dalam mencapai tujuan pemasaran produk atau jasa yang ditawarkan.



Salah satu contoh kampanye yang mengalami kegagalan yang mencolok adalah kampanye “Bottlegate” yang dilakukan oleh merek Dove. Dove, merek kosmetik ternama yang dikenal dengan fokusnya pada kecantikan alami dan penerimaan diri, menghadapi sorotan negatif yang signifikan setelah meluncurkan kampanye “Bottlegate”. Kampanye ini dimaksudkan untuk mempromosikan keberagaman tubuh dan mendorong penerimaan diri dengan memperkenalkan berbagai bentuk botol sabun mandi Dove yang mewakili berbagai tipe tubuh wanita.

Namun, apa yang seharusnya menjadi kampanye yang menginspirasi dan membangkitkan kepercayaan diri malah berakhir dengan hujatan. Dalam artikel ini, saya akan membahas mengenai kampanye Bottlegate milik Dove yang berakhir dengan hujatan. Jadi, jika Anda ingin tahu lanjut mengenai campaign Bottlegate milik Brand Dove tersebut. Sebuah iklan untuk merek shampoo baru yang menampilkan model dengan rambut yang tampak begitu berkilau dan lebat setelah menggunakannya. Iklan ini menampilkan model yang tersenyum dengan ekspresi bahagia.

Iklan Dove juga mendapat reaksi negatif yang besar dari publik dan dianggap tidak peka terhadap isu-isu ras dan keberagaman. Banyak orang yang marah dan merasa bahwa iklan  tersebut meremehkan kecantikan orang-orang dengan kulit berwarna. Dove segera menarik iklan tersebut dan meminta maaf atas kontroversi yang timbul. Kontroversi "bottlegate" merupakan contoh bagaimana iklan yang tidak sensitif terhadap isu-isu sosial dengan keberagaman dapat menghasilkan dampak negatif yang besar dalam kampanye pemasaran. Hal ini juga menunjukan pentingnya mempertimbangkan pesan dan gambar yang digunakan dalam iklan agar tidak menyingggung atau merendahkan kelompok tertentu.

kegagaln Presepsi beberapa audiens menganggap bahwa model di iklan itu adalah seseorang selebriti terkenal yang biasanya memiliki rambut indah. Mereka menduga bahwa rambut model tersebut sudah cantik sejak awal, dan penggunaan shampoo tersebut tidak memberikan dampak yang signifikan. sebagai hasilnya, audiens merasa skeptis tentang klaim merek tersebut menduga dan tidak yakin apakah tersbeut benar-benar efektif 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kegagalan Presepsi Pada Iklan Shampoo Dove

Iklan dengan kegagalan presepsi merupakan iklan yang tidak berhasil menyampaikan pesan atau tujuannya dengan jelas kepada audiens atau khala...